2011/07/06

Sonic Linguistic 2011


At 19th-20th and 26th-27th of February 2011 OSIS of MAN Insan Cendekia held de indsidental event, that was SONIC LINGUISTIC 2011. I will tell you about that event but I think I will tell you with this-my report for magnetic special SONLIS.

This is it, please read!

Sonic Linguistic 2011 atau yang biasa yang disebut “Sonlis” telah terlaksana pada sabtu-minggu, 19-20 dan 26-27 Februari 2011. Seperti yang kita ketahui, acara sonlis ini merupakan acara insidental yang diadakan OSIS IC. Acara yang terdiri dari lomba-lomba di bidang IPTEK, Bahasa, Jurnalistik, Seni dan Budaya. Tahun ini sonlis menambah jenis lombanya yaitu lomba LKIR dan graffiti.
Sonlis kali ini mengambil tema yang menyangkut dengan alam, tetapi fokus pada flora dan fauna khususnya di hutan. Tema yang diambil kali ini adalah “Wilds Call”. Dengan bertambahnya jenis lomba yang diadakan sonlis 2011 ini, maka bertambah pula jumlah peserta hingga mencapai angka 800-an yang tidak hanya berasal dari wilayah JABODETABEK saja, tetapi ada yang berasal dari Jombang, Malang, Palembang, dan sebagainya.
Pada tanggal 19 Februari 2011, opening ceremonial Sonic Linguistic 2011 dilaksanakan dengan acara utama yakni pembukaan secara resmi oleh ketua Sonic Linguistic 2011, Moza Adhidarma (XI NS 4). Selain itu, juga ada sambutan dari kepala madrasah yang diwakii oleh wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Bapak Japar. Serta ada penampilan saman IC dan perfomance dari para siswa.
Pagi, di depan GSG
Sebelum memulai pertarungan dengan sekolah lain, para perwakilan sekolah masing-masing diharuskan untuk melakukan registrasi di meja registrasi yang disediakan panitia di depan GSG. Oleh karena itu, akan ramai dengan peserta yang ingin melakukan registrasi ulang.
Karena lomba-lomba yang diadakan biasanya dimulai sekitar pukul 08.00 atau 09.00, para peserta sudah berdatangan sekitar pukul 07.00. otomatis panitia-panitia masing-masing lomba juga harus siap sebelum para peserta berdatangan. Jangan sampai telat!
“lombanya seru kok, tapi tetep ada yang telat. Pas briefing juga kurang antusias, gak banyak yang nanya. Tapi untungnya foto-fotonya ada yang sesuai.”, ucap salah satu panitia lomba Rally Photo, Nadia(XI NS 4).
Bazaar pas Sonlis
Pas sonlis pasti ada bazaar yang diadakan panitia dengan mengundang para penjual dari Taman Jajan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sonlis tahun ini juga ada bazaarnya. Panitia menyediakan tenda yang disponsori oleh koppasus untuk menyediakan tempat berjualan bagi para penjual tersebut. Banyak macam yang dijual di bazaar lho!, yang jelas banyak yang jual makanan, mulai dari yang Rp 2000,- sampai yang Rp 20.000-an dan tentunya makanan yang dijual enak-enak. Kapan lagi di IC beli makanan yang sekarang ada di bazaar?:)
Oleh karena itu, siswa-siswi IC gak melewatkan hal-hal yang hanya ada pas sonlis, mereka juga antusias kok untuk meramaikan dan memeriahkan sonlis 2011. Good luck deh buat panitia bazaar, semoga keuntungannya banyak!
“Bazaar tahun ini lebih ramai daripada tahun kemarin... tahun kemaren kan hanya ada 1 tenda, tapi kalo’ tahun ini kan ada 2 tenda, jadi lebih banyak jualannya”, tutur salah satu penitia yang mengurusi bazaar sonlis.
When the competition
Banyak macam lomba yang ada di sonlis dan tentunya lomba-lomba tersebut terlaksan pada hari yang berbeda-beda sesuai dengan konsep yang telah dipersiapkan oleh panitia. Lomba-lomba tersebut juga dilaksanakan di tempat-tempat yang berbeda sesuai dengan kebutuhan lomba. Tempat-tempatnya juga diberi nama oleh panitia, dikarenakan tema sonlis kali ini “wilds call” jadi nama ruangan atau tempat lombanya kandang, sarang atau habitat temapt para flora dan fauna hidup. Seru kan?
Closing Ceremony
Minggu, 27 Februari 2011 dilaksanakan upacara penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba-lomba. Acara yang bertempat di gedung serbaguna ini merupakan akhir dari serangkaian acara Sonic Linguistic 2011. Dengan pemenang-pemenanngnya sebagai berikut.
Science Competition
Juara I : SMP Negeri 1 Cilegon
Juara II : SMP Negeri 1 Cilegon
Economy Competition
Juara I : SMA Negeri 1 Depok
Juara II : SMAI Nurul Fikri BS
Wallmagz 3 Dimensi
Juara I : SMA Negeri 1 Cikarang Utara
Juara II : MA IGBS Darul Marhamah
Best creative : SMAIT Nurul Fikri BS (B)
LKIR
Juara I : SMA Negeri CMBBS
Juara II : MAN Jombang
English Debate
Juara I : SMA Negeri 2 Tangerang Selatan B
Juara II : SMA Negeri 1 Serang B
Juara III : SMA Negeri 2 Tangerang Selatan A
Quick n Smart
Juara I : Madrasah Pembangunan
Juara II : SMPIT Nurul Fikri Depok
Juara III : SMP Negeri 1 Cilegon
Speech
SMP
Juara I : Dian Emalia dari SMP Negeri 1 Cilegon
Juara II : Ikram Ammar A dari SMPI Dian Didaktika
SMA
Juara I : Henindya Putri dari MA IGBS Darul Marhamah
Juara II : Dian Amalia Khusna dari MAN 3 Malang
Story Telling
Juara I : Adyatatya Mahatmaputri (SMPI Al-Azhar 8 Kemang Pratama)
Juara II : SMP Negeri 1 Cilegon
Juara III : Bima Anggara (SMP Global Prestasi)
News Casting
SMA
Juara I : Gloria Amanda (SMA Negeri 28 Jakarta)
Juara II : Andreana Sophiana (SMA Negeri 1 Cikarang Utara)
SMP
Juara I : Genta Maulana (SMP Smart Ekselensia)
Juara II : M. Irfan Zacky (SMPI Al-Azhar 8 Kemang Pratama)
Short Movie
Best movie : SMK Negeri 51 Jakarta dengan judul Hypnocript
Best Soundtrack : SMK Negeri 51 Jakarta
Best Actor : Pemeran ‘Deny Muhammad’ (SMK Negeri 51 Jakarta)
Best Script : SMP Islam Dian Didaktika
Design Grafis
Juara I : Erin Puspa G (SMAI Al-Azhar 4 Kemang Pratama)
Juara II : Raden (SMA Negeri 1 Serang)
Juara III : SMA Negeri 1 Tangerang
Rally Photo
Juara I : Arsanti Hanifa dari SMPI Dian Didaktika
Juara II : Ilyas K dari SMA Negeri 1 Tangerang
Juara II : Savira Maharani dari SMPI Dian Didaktika
Saman Dance
Juara I : MAN 4 Model Jakarta
Juara II : SMAI PB Soedirman Bekasi
Graffiti Competition
Juara I : SMAIT Nurul Fikri Depok
Juara II : SMAI Nurul Fikri BS
Best Creative : SMA Negeri 2 Tangerang Selatan

Juara Umum Sonic : SMP Negeri 1 Cilegon
Juara Umum Linguistic : SMPI Dian Didaktika

Ditutup dengan video closing dan penutupan secara simbolis oleh sang ketua dengan membakar bendera bertuliskan sonlis. Maka Sonic Linguistic 2011 berakhir. Selamat untuk para pemenang dan semoga para peserta lain lebih termotivasi untuk mengikuti sonlis tahun berikutnya. See you next year!!!:) (Aisyi)

7 comments:

  1. wahhh kapan - kapan kalo ada lomba debat
    undang SMAN 5 TANGERANG DONG :)

    ReplyDelete
  2. OK insyaAllah deh .. lombanya kan sekitar bulan februari, nanti kalo mau ikut hubungi aja panitianya ..

    tapi aisyi bukan panitia, soalnua yg panitia kelas XI, aisyi kan kelas XII ...
    kalo gak nanti aisyi yg bilangin .. :)

    makasih yaaa udah visit :)

    ReplyDelete
  3. kak, boleh nanya seputar fakta sonlis 2011 nggak? buat mading jurassic nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahah, kamu anak IC?
      fakta apa niih? boleh boleh aja sih kalau aku masih ingeeet yaahahahah :)

      Delete
    2. iya kak, kelas XI angkatan 19 :)
      oiya, Sonlis 2011 itu yang baru lomba LKIR sama Grafitti ya kak? kalau boleh tau, fakta2 Sonlis 2011 itu apa aja ya? sebenernya pengen nanya ke ketua nya, tapi belum punya kontaknya :(

      Delete
    3. *kalau gak salah* iya .. *kalau gak salah loh* aku udah samar2 ingetnya, faktanya yang kayak gimana nih? hehe .. *bingung*
      cari aja kontaknya, namanya moza adhidarma, anak ITB, cari facebook, twitter atau ask.fm :)

      Delete
    4. oh gitu, yaudah kak ntar aku langsung nanya ke ketuanya aja deh.. hehehe, makasih banyak ya kak :)

      Delete