2013/02/10

Arsitektur Interior Universitas Indonesia

ARSITEKTUR INTERIOR Universitas Indonesia ................
Program studi Arsitektur Interior Universitas Indonesia dibuka pada tahun 2008. Program tersebut dibuka pada Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, untuk memperkuat pengembangan arsitektur sebagai sebuah bidang ilmu, selain untuk mewujudkan sebuah School of Design yang unggul.

APA ITU ARSITEKTUR INTERIOR?
Arsitektur Interior bukan sebuah bidang yang beroperasi hanya pada atau mempehatikan ruang dalam. Asumsi yang berlaku pada bidang Arsitektur Interior adalah: Ruang merupakan sesuatu yang menerus tidak terputus. Ruang dalam, ruang transisi, dan ruang luar merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi dan saling membentuk. Karenanya, Arsitektur Interior adalah sebuah bidang yang berfokus pada beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut antara lain adalah: re-programming ruang pada bangunan yang sudah ada (adaptive reuse), perancangan ruang dalam yang terkair dengan konteks desain bangunan, ruang kota, dan konteks-konteks lainnya seperti konteks sosial, budaya, ekonomi, dan sebagainya. Interioritas juga merupakan sebuah aspek yang menjadi fokus pada bidang Arsitektur Interior

METODA DESAIN
Interioritas bukan berarti ruang dalam. Istilah interioritas berkaitan dengan metoda desain berbasis inside-out, yaitu mendesain berbasis pada program ruang yang dibutuhkan dan kualitas ruang yang diinginkan, sembari memperhatikan dampak apa yang dapat diakibatkan oleh desain kita terhadap pengguna, cangkang bangunan, serta ruang luar di sekitar bangunan


*postingan untuk persiapa TKMDII, sumber: wikipedia, academic.edu, Pak Dalhar (ketua program studi Arsitektur Interior UI) dan hasil editan Pak Nanda (salah satu dosen di Departemen Arsitektur, FTUI)

8 comments:

  1. Hai ka :) Aku pgn bgt Inshaa Allah masuk Arst. Interior. Ada tips/cara buat masuk fakultas itu ga ka? Terima Kasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, maaf baru sempet bales :)
      tipsnya apa yaa?
      hmmmh .. belajar aja yang rajin, bagusin nilai, jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua, setelah itu kamu pasrahkan, kalo emang rezeki pasti dapet kok :)
      good luck!

      Delete
  2. Kak,kalau mau masuk bidang ini yang harus kuat di pelajaran apa ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooow :)
      jawabanku kamu harus kreatif dan selalu ingin tahu segala hal :) :)
      good luck !

      Delete
  3. hai kak! aku ada minat buat masuk arsi interior ui. yg aku tau kalo mau masuk bidang ini cmn ada test tertulis aja (selain snmptn). apa ada test seni mungkin? aku udh suka seni dr dulu kecil tp mungkin semenjak smp kurang terlatih jd skrg masih kurang terasah. tp aku bener niat kak masuk bidang ini. ada saran kak? makasih banyak ya kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarannya kalo punya keinginan kuat absolutely, you know what will you do!!
      aku cuma ngasih tau kesekian kali pertanyaan, masuk ars ui cuma test tulis aja gak ada test seni kayak fsrd atau ngumpulin portfol :)
      gudluc :)

      Delete
  4. kak arsi interior selain di ui dimana ya kak? hehe makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. universitas ciputra di surabaya setau aku .. gak ada lagi (kayaknya loh)

      Delete