This is Architecture (?)

Fake Swimming Pool at Kanazawa, Japan


Tadi siang, pas lagi sibuk ngeliatin timeline facebook terus ketemu ini yang di share sama seseorang temen gue dari sebuah page yang judulnya Architecture and Art. Jujur banget! suka sama yang satu ini!. Jadi, ini sebuah tempat di Kanazawa, Japan. Nama tempatnya itu sendiri kalo di caption fotonya yaitu "Fake Swimming Pool". Ya .. ini emang swimming pool yang menipu banget. Awalnya pasti kalian bakal aneh+kagum+bingung, sama seperti gue yang ngerasain hal tersebut pas pertama kali ngeliat gambarnya (padahal cuma ngeliat gambarnya doang loh! entah gimana kalo gue ngeliat yang aslinya?).
Ketika kita liat gambar yang sebelah kanan! kita akan lihat sekelompok orang yang sedang berada di sebuah ruang dan saya sendiri berpikir bahwa ruangan tersebut adalah ruangan biasa yang diberi wallpaper biasan air seperti pada gambar. But .....
When I saw on the right picture !!!! Itulah yang membuat saya langsung berkata di dalam hati "WOW, kok bisa sih? keren banget!". Jadi gambar yang sebelah kanan itu menunjukkan gambar ketika di foto dari atas. Kesannya membuat orang yang sedang berkujung (berada dalam ruangan sebelah kiri) dapat berjalan dengan santainya di sebuah kolam renang. Padahal kan kenyataan sebenernya kolam renang itu adalah "fake". :)
Menurut beberapa komentar yang saya baca dari share gambar tersebut katanya ruangan tersebut diatasnya di kasih kaca yang diisi air jadi ketika siang hari ruangan tersebut akan terkena biasan cahaya seperti pada gambar. Selain itu, untuk memberi kesan bahwa itu adalah kolam renag dibuatlah desain layaknya kolam renang seperti ada tangganya kolam renang.

Arsitektur itu seni, maka dari itu semester satu gue belajar seni rupa, hahhaha .. tapi iya kok! pas gue belajar pengantar arsitektur di semester satu, kata seorang dosen di depan kelas (hhehehe) kalo arsitektur itu adalah seni terbukti dari hampir semua teori arsitektur berasal dari teori seni. So, ketika kita berbicara arsitektur gak hanya masalah teknik pembuatannya tapi juga segi keindahannya (seninya) ditambah lagi dari segi fungsinya buat manusia karena arsitek kan bekerja buat manusia, apapun kebutuhan manusia. Bukan hanya "rumah", tetapi mendesain segalanya "tempat manusia hidup dan berkegiatan" (IYA KAN? MASIH TAKUT SALAH, karena masih harus banyak belajar).
Kalo dikaitin sama tempat yang judulnya 'Fake Swimming Pool" itu, apakah itu termasuk arsitektur? Jawaban pastinya sih masih bingung. Tapi kalo menurut gue yang masih awam, masih anak baru yang sekarang pun masih semester dua, sejujurnya kalo bahas masalah ini gue bingung banget karena masih banyak yang harus diperkuat, hehhhehehe. Ya, suatu saat gue harus meyakinkan diri sendiri tentang arsitektur itu apa? :)

Kalo statement saat ini adalah itu termasuk arsitektur. Itu bisa kok dijadikan tempat berkegiatan apalagi dengan hubungan 'memberi kualitas ruang' yang notabene menjadi tugas utama gue sebagai 'interior architect' kedepannya nanti. hhahahah .... semakin membingungkan ketika membahas ini semakin dalam. :)
What is ARCHITECTURE?

Comments

Popular Posts