2013/12/29

[answer] Soal Arsitektur Interior 2.0

last time, I have posted some questions and my answer about interior architecture. Some people still ask to me about interior architecture, so I will post questions and my answers in this blog to all readers when you come to my blog. I wish my answer a little bit help you to imagine 'what is interior architecture" (but i think, it's not the best answer ever)


anonymous asked me "kak mau tanya dong, kalo masuk arsitektur ui harus bikin portfolio ngga? soalnya kalo mau masuk fsrd itb harus bikin portfolio?" -
Gak kok :)


anonymous asked me "terus, kalo mau msk arsitektur interior harus bisa gambar ngga?"
Kalo dari hasil tanya ke senior, belajar di kelas, sebenernya gak mesti "jago" gambar, tapi kan setiap orang pasti bisa gambar, tergantung org itu gambarnya bagus atau gak dan bagus itu relatif. Jadi, sebenernya ketika kamu pilih untuk kuliah arsitektur, sebenernya kamu pun tau kalo kamu "suka" "bisa" gambar, yg jadi masalah itu bagus atau gaknya yang akan diasah nanti ketika kuliah :)


Asrie Dwi Lestari asked me "hai kak :D kaloo jadi arsitek itu harus jago fisikanya ya? dipake banget emang ka fisikanya?" -
Hai :) .. Hmmh, kalo dibilang jago sih gak jago juga gpp kok, tapi seenggaknya logika fisika yang kamu dapet selama sekolah ada. Soalnya kalo ngomongin arsitektur kan juga ngomongin keterbangunan kan ? Dan itu ngomonging fisika bangunan sih. Kalo fisika bangunan sesndiri itu aku kurang tau gimana. Sampe saat ini aku belum belajar fisbang, tapi kalo arsitekturnya udah belajar. Mungkin kamu bisa tanya yg jurusannya arsitektur :) semoga membantu :)


Anonymous askes me "mo nanya, kalau minat masuk arsitektur interior ui ada, tapi kemampuan ngambar gak ada sama sekali, gimana, susah ngak...?" -
Aku balik tanya sama kamu nih :) kamu yakin gak masuk arsitektur interior ? Terus alasan kamu apa sampai akhirnya memutuskan prodi tsb? Kamu sendiri harus yakin, ketika kamu yakin kamu bisa, ya pasti bisalah, kan kuliah itu juga bagian dari belajar kemampuan gambar kamu juga diasah ketika kuliah. Yang jadi masalah kamu passionate gak untuk hal tersebut. Nah, kalo kamu gak passionate ya itu yg susah :) Good luck! :)


Anonymous asked me "susah gak kuliah di ars interior?" -
haha .. aku gak mau ngebohongin orang lain, gak maksud bikin kamu takut buat masuk arsitek .. tapi emang kenyataannya kalo kuliah arsitek itu susah :) :) .. (pake banget) .. makanya yakinkan diri kamu sendiri lagi untuk memilih arsitektur :)


Anonymous asked me "menurut kakak bedanya arsitektur interior dengan desain interior apa?"
kalo menurut aku pribadi sesuai apa yang dirasain yaa .. arsitektur interior itu lebih ke mendesain dari awal seperti yang dilakukan arsitek, tetapi arsitek interior akan lebih memfokuskan kepada bagaimana ruang tersebut akhirnya mengakomodasi penggunannya (sangat disesuaikan dengan pengguna) bukan pada akhirnya mengatur kegiatan pengguna, sedangkan
desain interior lebih kepada mendesain sebuah ruang yang telah disediakan, misalnya desain ruang makan, dan biasanya furniture-furniturenya bisa diletakkan dengan memilih yang ada di katalog (disesuaikan dengan tema ruangan) tapi juga bisa sih buat sendiri sesuai keingina desainer, tetapi kalo arsitek interior gak bisa hanya meletakkan gitu aja.
sederhananya adalah, ketika desainer meletakkan kursi di titik A, pertimbangannya ada estetika paaling utama, tetapi kalo arsitek interior peletakkaannya itu esensinya apa?
Secuil penjelasannya, sebenernya banyak hal yang membedakannya :) :)  



Anonymous asked me "kalo lulus gelarnya apaan?" -
S. Ars
ada wacana kalo lulus gelarnya S.Ars,Int
tapi masih belum tau realisasinya kapan


Anonymous asked me "ngga takut berebut kerjaan dengan anak desain interior atau arsitektur?" -
berebut kerjaan?? kenapa harus berebut kerjaan? prospek kerja seorang desainer cukup luas,nantinya juga gak harus jadi arsitek atau desainer interior kan?. Kenapa bisa bilang begitu?




ask on this

4 comments:

  1. hai kak.. salam kenal.
    mau tanya, dulu kakak masuk ars, int lewat jalur apa ya? oh iya di ui ada snmptn peminatan ga?
    akreditasi ars. int itu apa? makasih ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo ..
      FAQ juga nih pertanyaan kamu, aku masuknya lewat snmptn tulis dulu, mungkin sekarang namanya sbmptn yaw?
      apa ya snmptn peminatan? gak paham
      coba sok dicari, ada kok akreditasinya apa, aku juga pernah posting di blog pula :)
      semangat cari!

      Delete
  2. kak, mau nanya, kalo bikin2 project itu mulainya semester berapa? terus per individu atau kelompok? makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo ...
      project apa nih yang dimaksud? project studio perancangan? kalo itu ya mulainya pas masuk studio perancangan, sok dilihat sendiri perancangan arsitektur mulai di semester berapa
      tergatung tugasnya disuruhnya kelompok atau individu, hahaha

      Delete