Rasanya Sudah Lama Sekali (PAI 2)

 
“a house is a machine for living”
 REM KOOLHAAS
Hai blogs :) ..
sudah lama tidak menulis, sudah lama tidak bercerita dan terlintas pikiranketika menulis kata "lama" adalah saya benar-benar sudah amat lama tidak buka blog ini lagi *melihat post terakhir saya*. Lagi-lagi tugas PAI 2 (Perancangan Arsitektur Interior yang ke-2) yang akan jadi alasan saya untuk hal ini, haha ...
Ya? adakah lagi? sepertinya sih tidak ...
sedikit sharing tentang tugas PAI 2 kali ini, lebih khususnya project 2, yaitu membuat sebuah DWELLING atau hunian untuk client yang dipilih masing-masing, yaitu satu keluarga yang tentunya punya keunikan masing-masing. Saya memilih keluarga om dan tante saya yang saat ini menghuni rumah nenek saya di Jakarta. Alasan utama adalah dengan memilih keluarga terdekat sebagai client tentu akan memudahkan saya melakukan serangkaian proses mendesain. Selanjutnya keluarga yang tinggal di rumah ini mempunyai keunikan yang tentunya akan sangat diperlukan untuk mendevelop ide.

Proyek ini dimulai dengan menganalisi dwelling dan bagaimana mereka dwell di rumahnya saat ini (pada intinya menganalisis client tersebut) yang pada akhirnya membawa saya menjejaki memori-memori masa lalu di rumah ini. Saya pernah tinggal berbulan-bulan disana, bahkan saya ingat, saya selalu mengunjungi rumah ini ketika weekend tiba :). Rasanya sudah lama sekali...
Kemudian menganalisis kegiatan apa saja yang dilakukan di rumah itu, membuat saya kembali teringat, dulu saya berkegiatan apa saja disana. Main... tidur bareng sama ibu (nenek) ... main barbie, masak-masakan, sama soulmate tersayang (sepupu sepermainan), jalan-jalan keliling-keliling, main ke kandang sapi .. bahkan hal-hal seperti adanya kandang sapi di depan rumah pun hadir yang notabene pada zaman sekarang mungkin sudah tidak ada lagi di Jakarta, itu ..... Rasanya sudah lama sekali...
Selalu menunggu-nunggu saat hari raya tiba, karena biasanya H-7 atau H-3 saya akan pergi ke rumah nenek dan mempersiapkan segala kebutuhan hari raya bareng-bareng. sekeluarga besar juga dateng dan kemudian menginap bersama dan tidur bersama-sama, yang paling aku ingat adalah tidurnya di depan tv, pokoknya memenuhi space-space yang tersisa. Sungguh hal sederhana yang baru disadari itu sangat membahagiakan ... yaaaa .. Rasanya sudah lama sekali...
Termasuk sadar momen-momen dimana nenek tersayang memanjakan cucunya, bermain, cerita, tidur bareng. Lalu sadar sudah 4 tahun ibu tidak ada,4 tahun yang tidak terasa, namun rasanya sudah lama sekali...

Tidak penting, tapi amat sangat memorable buat saya pribadi. Pernah berandai-andai ketika seandainya rumah ini harus dihancurkan ...... hmmmmh .. memori-memori yang tersimpan mungkin tidak lagi akan terlihat bentuk nyatanya, saksi hidup sebuah benda mati :( ...
Rasanya sudah lama sekali...

Comments

Popular Posts