Benchmarking

"Kalian harus punya 'benchmarking' kalian sendiri .."

kalimat yang akhir-akhir ini semakin sering saya dengar dari para fasilitator. Mulai merasa terbebani ketika mendengar hal tersebut, ya bukan apa-apa rasanya setelah dibilang begitu dan ditampilkan beberapa referensi gambar, seakan-akan mahasiswa 'sangat' diharapkan untuk setara dengan gambar tersebut. Anggaplah kita berbicara dengan 'wejagangan' Pak Yandi (dosen saya) hari ini mengenai maket-ing dalam proses menuju akhir proyek 1.
Akhirnya studio hari ini diakhiri dengan penampilan gambar-gambar 3D yang dihasilkan mahasiswa arsitektur di luar negeri (bukan di Indonesia).


*kurang lebih seperti gambar-gambar yang saya ambil lewat pinterest ini

....................
sepertinya saya bingung mau mengeluarkan kata apa setelah ditampilkan gambar-gambar seperti diatas dan waktu pengerjaan atau waktu proyek selesai sekitar 2 minggu lagi (waktu kotor: termasuk presentasi internal dan eksternal) dan sebenarnya diharapkan 3D seperti di atas akan muncul di meja saya dan teman-teman saya di hari Jumat minggu ini.
WOW!

"Kalian belum ada apa-apanya sama sekolah arsitektur di luar. Ini yang saya tunjukkan bukan dari sekolah arsitektur ternama di dunia ....."

"Kalian harus bersyukur berada di sini (UI) karena kita sudah mengarah ke arah sana. Pada intinya saya gak mau kalo karya kalian gak bisa disejajarkan dengan karya-karya mahasiswa arsitekur lain di luar negeri, apalagi kalau kalian mau melanjutkan S2 di luar negeri ...... "

Pada akhir studio kali ini, intinya saya semakin pusing harus memanage waktu sedemikian rupa sehingga saya bisa menyelesaikan hingga seenggaknya mendekati benchmarking yang 'sebenernya dimau atau malah sudah ditetapkan' itu loooh ..... 

Comments

Popular Posts