2015/05/27

THE SIMS DAN IMAJINASI ARSITEK INTERIOR

"Apa yang akan dikerjakan oleh seorang Interior Designer?"

Ada diantara kalian yang punya keinginan mempelajari bidang ini, sebagai seorang desainer interior atau arsitek interior seperti jurusan yang sedang saya coba pelajari saat ini. Saya ingin mengetahui apa sih sebenarnya alasan dibalik keinginan kalian untuk mendalami ilmu ini. Kalau pertanyaan itu ditujukan kepada saya, yang saya pikirkan sebelum memilih jurusan ini adalah saya bisa melakukan yang saya lakukan ketika bermain The Sims. Kalian pasti tahu dengan permainan tersebut kan?
picture from https://www.google.com

Ya, dari dulu ketika saya menentukkan akan bermain apa di PC saya, saya pasti akan memilih bermain itu. Bahkan saya dan adik saya berusaha mengumpulkan uang untuk memainkan salah satu permainan tersebut. Maka jadilah saya 'sepertinya' suka dengan bidang ini, sebelum saya tahu makn sebenarnya. Meletakkan berbagai furniture di dalam rumah sesuka apapun yang saya mau dengan prinsip sederhana mengenai sirkulasi orang yang hidup dalam permainan tersebut.
So, sebenarnya apakah bidang ini semudah bermain permainan tersebut?
Jawabannya adalah tidak,
prinsip sederhananya adalah seperti itu, sebagai seorang yang akan mendesain sebuah ruang perlu kepekaan mengenai hal tersebut bagaimana mengatur barang-barang dalam ruang agar tidak menyulitkan pergerakan pegguna ruang tersebut. Tetapi disamping aspek tersebut masih ada yang perlu dipertimbangkan seorang arsitek atau desaner interior. Mari kita bahas melalui permainan yang menjadi awal pembahasan kita dalam tulisan ini, The Sims.

picture from https://www.google.com
Memberikan tempat untuk si karakter bertinggal, tentunya setelah menentukan karakter dari orang yang akan kita atur hidupnya, kita perlu mengcreate tempat tinggalnya. Ketika awal bermain karakter yang kalian yang telah dibuat akan hidup disebuah rumah kecil dan untuk mendesain rumahnya kalian perlu bekerja untuk mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk membeli barang-barang, mengekspansi rumah, bahkan membeli rumah yang sudah bagus. Lalu, yang kalian lakukan ketika kasusnya adalah karakter kalian harus memulai dari tanah kosong, apa yang ingin kalian desainkan untuk si karakter?

Ruang apa saja yang akan dibuat? ruang apa yang akan kalian hadirkan serta berdasarkan apa? Kenyataannya justru ini yang terkadang menyulitkan seorang arsitek/desainer. Mungkin ketika bermain permainan ini kalian akan terbatas pada ruang yang pada umunya ada karena furniture yang telah disediakan hanya terbatas pada furniture yang cocok dalam ruang itu. Lain halnya ketika kalian mempraktekan itu pada kenyataannya, karakter yang dihadapi tidak terbatas seperti yang ada pada The Sims (ya kalian tahu seperti apa karakter di The Sims), tetapi lebih luas lagi dan memiliki desire atau keinginan yang terkadang bisa berbeda dengan pada umumnya.
Pada tahap ini, saya biasa menyebutkan dengan memprogram ruang, pada tahap itu saya menentukkan
  • ruang apa saja yang perlu hadir yang ditentukan berdasarkan kebutuhan serta keinginan si orang yang bertinggal
  • tingkat prioritas ruang tersebut
  • tingkat kedekatan antar ruang
  • luas setiap ruang yang ditentukan berdasarkan kebutuhan pengguna bahkan dengan memperhatikan seberapa efektif dan efisien ketika digunakan, serta memperhatikan unsur keamanan baik itu jangkan pendek ataupun jangka panjang
  • Menentukan kualitas ruang tersebut
ke-semua tahap tersebut bisa dilakukan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan jika apa yang akan di desain memiliki besaran yang besar. Bahkan yang terjadi akan ada berlembar-lebar corat-coret agar dapat menemukan komposisi ruang yang tepat sesuai aspek diatas. Sejujurnya masa-masa ini kadang memusingkan.
"membuat programming untuk kehidupan manusia ternyata tidak semudah yang kalian pikirkan ketika bermain The Sims. Maka dunia ini luar biasa karena kehidupan ini terprogram dengan sangat sempurna bahkan mungkin butuh kata lain selain sempurna untuk mendeskripsikan program kehidupan di dunia ini ......"
Dari pembahasan di paragraf sebelumnya sudah terlihat bahwa apa yang kalian bayangkan ketika menjadi arsitek/desainer interior seperti yang kalian lakukan ketika bermain The Sims adalah salah besar.
Menentukan kualitas ruang, apa sih kualitas ruang? apa yang kalian rasakan ketika memasuki sebuah ruang misalnya ketika kalian berada di kamar. Pastinya ada perasaan yang sebenarnya kalian rasakan yang disadari atau tanpa disadari seorang desainer mengcreatenya untuk kalian. Proses yang saya lakukan dalam proses ini adalah biasanya berkutak dengan 3D selain dengan sesuatu yang 2D, ya itu yang biasanya disebut dengan model, mirip maket tetapi maket biasanya 3D yang sudah jadi tetapi model masih proses pencarian atau pengembangan ide. Sama halnya ketika programming di atas, seorang arsitek/desainer inerior ingin memberikan yang terbaik dengan sebuah ruang yang akan di desain. Seperti statement yang saya beri di beberapa tulisan sebelumnya bahwa
"ruang interior dinikamati sangat dekat dengan penggunanya sehingga seorang arsitek/desainer interior mendesain sebuah ruang dengan sangat detail."
Bagian inilah, dimana kita menentukan warna, bahan dengan texture seperti apa, bentuk yang menjadi impresi pengguna, furniture, pencahayaan, bahkan pengudaraan sehingga si yang meninggali ruang tersebut selain merasakan perasaan nyaman juga memberikan efek positif yang tidak membahayakan tentunya.
Dalam permainan The Sims memberikan warna lantai, dinding, serta peletakan furniture dan menentukkan jenis furniture merupakan bagian proses ini, tetapi proses ini tidak bisa dilaksanakan ketika apa yang diprogramkan belum kelar toh?

Yang paling terakhir adalah bagaimana semua ini terbangun? ya dengan menghela nafas, bagaian ini juga terkadang memeras otak. Sebagai seorang arsitek/desainer interior pengetahuan mengenai struktur dan keterbangunannya juga perlu diketahui karena apa yang telah kita desain akan hadir pada ruang yang telah dirancang oleh arsitek. Dan selanjutnya proses pemikiran bagaimana itu terbangun juga berlanjut setelah pada proses sebelumnya ditentukan material dan furniture apa yang akan dibuat.
Pada bagian ini yang tidak akan dipahami jika bermain The Sims, ya seakan-akan semuanya begitu terlihat mungkin dan dalam waktu 1 jam rancangan rumah si karakter bisa selesai. Yap, seandainya membangun dinding secepat yang terjadi di The Sims, atau membuat lantai secepat yang terjadi di The Sims pula, pekerjaan ini mungkin bisa dilakukan seperti bermain The Sims :)

kamilah aisyi/int arch student

2 comments:

  1. Halo kaa,aku pengen konsul soal arsitektur interior kaa karena aku sdah ktrima ka.Aku udah message kaka melalui facebook kaka.Tolong kaka cek secepatnya ya ka,aku butuh bimbingan kaka.Makasih banyakk ka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai hai ..
      aku udah lama gak buka blog ..
      oh ya kamu message di fb? coba aku cek yaa

      Delete