2015/10/16

SEBERAPA PENTING SEBUAH 'SIGN' ATAU TANDA ?

Hai blog, semoga masih mengingat yang sudah berbulan-bulan lau tidak menuliskan apa yang dipikirkannya di sini. Mungkin si yang punya terlalu senang menikmati hari sebagai mahasiswa arsitektur interior. Hehehe ... Bahkan sebuah judul yang sudah lama ingin dituliskan tak pernah terlanjutkan untuk ditulis.

http://4.bp.blogspot.com/-j6N-qpUq6eo/UZ-tfKzj_ZI/AAAAAAAAGfs/8yAuqIKsMLM/s1600/STRONG+POINT+SAMBUT+1+JULI+HUT+BHAYANGKARA+KE-67+TH,+23+MEI+2013+(6).JPG
foto dari google.com/pic

Arsitektur, apa sih yang kalian pikirkan mengenai arsitektur? Rumah? Gedung tinggi? Jembatan? Desain yang bagus? Tapi tahukah kalian bahwa arsitektur ada dalam setiap detik kehidupan kita. Ya, munculnya arsitek hanya menjadi bagian kehidupan manusia agar manusia dapat hidup dengan baik. Akan aku sedikit ceritakan apa yang sudah beberapa dosen saya ajarkan dan apa yang telah aku alami.

Tanda atau dalam bahasa inggris "sign" merupakan sesuatu yang menunjukkan entah itu sesuatu yang benar atau salah, dan sebagainya. Kalian pernah memperhatiakan persimpangan jalan di suatu tempat, di Indonesia tentunya?
seperti yang gambar di atas contohnya, persimpangan dari dua arah yang berbeda menuju satu arah yang sama. Kalian bisa melihat ada perbedaan warna jalan pada dua jalan dari arah berbeda tersebut. Seberapa pentingkan perbedaan warna tersebut? Apa hanya kebetulan atau bahkan kesalahan pada saat konstruksi sehingga menjadikan jalan tersebut berbeda warna? Apa tidak ada pengaruhnya?

Menurut saya, keberadaan perbedaan ini justru sangat berpengaruh dengan kehidupan jalan raya tersebut setiap harinya. Kenapa? Sedikit bercerita, setiap hari saya menggunakan motor untuk pulang pergi ke kampus dan setiap hari pula saya melewati sebuah jalan persimpangan ketika akan menuju jalan ke UI. Ilustrasinya seperti ini.
ilustrasi by Kamilah Aisyi

Menurut apa yang saya alami dan rasakan sebagai rutinitas setiap hari, yang terjadi pada jalan ini justru mebingunkan bagi pengendara yang menggunakan jalan tersebut. Kenapa? dalam ilustrasi bisa terlihat bahwa kendaraan dari UI harus memasuki jalan dengan warna aspal yang agak gelap dikarenakan jalur aspal yang tidak gelap lebih terlihat untuk kendaraan yang menuju ke UI atau depok. Jadi menurut saya jangan salahkan jika sewaktu-waktu akan terjadi kepadatan jalan dimana kendaraan dari arah UI atau Jakarta menuju ke depok membeludak sehingga banyak kendaraan dari Jakarta dan UI mengambil jalan dengan aspal tidak gelap, akibatnya terjadi kemacetan cukup panjang.
Secara tidak langsung manusia dapat membedakan jalur berjalan mereka dengan sesuatu yang berwarna kontras. Maka jika kasusnya terjadi seperti di atas, sesungguhnya sudah sangat mudah dibedakan bahwa jalan dati UI haru berada pada jalan dengan aspal gelap, sedangkan sebaliknya yang menuju UI harus berada dalam aspal dengan warna yang lebih terang. Namun, yang terjadi di atas, kendaraan dari UI yang harusnya berjalan di aspal dengan warna gelap harus sedikit mengarahkan arah jalannya ke aspal gelap tersebut. Tidak akan bermasalah tentunya jika jalur dalam kondisi lancara, maka akan terjadi kesemrawutan ketika jam pulang kantor karena semua ingin cepat sampai sehingga kendaraan dari UI akan berjalan di aspal terang (tidak pada tempatnya) dan akhirnya menutupi jalan menuju ke UI/Depok. Alhasil, tidak ada yang bisa sampai tujuan dengan cepat.

Sepenting itukah?
Jawaban saya YA, menurut saya penting jika ingin mengurangi kesemrawutan ketika jam pulang kantor setidaknya. Menurut saya penting jika ingin mengurangi kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kebingungan si pengendara menghadapi perbedaan jalan tersebut.

Lalu, solusinya?
Perbedaan warna jalan tersebut juga menjadi sarana untuk menunjukkan arah kepada pengendara, akan sangat penting pengaruhnya bagi orang-orang yang memiliki penglihatan yang kurang (buta warna misalnya). Kekontrasan antara gelap dan terang justru membantunya untuk menentukan kendaraannya harus dalam posisi sebelah mana. Namun, akan lebih baik jika warna yang terjadi (walaupun tanpa direncanakan) di atur sedemikian rupa sehingga walaupun tanpa direncanakan perbedaan warna tersebut  hadir dan akhirnya memaksimalkan kegiatan di jalan raya tersebut.

Ya, apa yang dibahas, perbedaan warna atau kekontrasan warna menjadi sebuah tanda atau "sign" bagi setiap orang yang berada di jalan raya. Jadi menurut kalian penting tidak?


kamilah aisyi/ int arch student

No comments:

Post a Comment