MAHASISWA STORY - PART. 1

Well, congratulation for your new state in your life :)
Selamat menjadi mahasiswa dan selamat untuk saya yang berhasil menyelesaikan 4 tahun sebagai mahasiswa arsitektur interior. Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi, semacam 'tips and tricks'  jadi mahasiwa (mungkin) yang bukan dari seseorang yang expert, sekaligus mendokumentasikan hal-hal yang terjadi sebelumnya :)
Here we go !
Buat kalian yang punya status baru sebagai mahasiswa, pada jadi mahasiswa jurusan apa?
Jurusan yang sudah kalian incar sejak lama kah?
Atau ternyata ada jurusan lain yang lebih kalian inginkan dari lubuk hati yang paling terdalam?
share dong di comment box di bawah atau bisa langsung ke ask.fm ku :)

Tentuya berharap itu jadi suatu hal terbaik dalam hidup kalian sebagai suatu hal terbesar dalam hidup ini yang mulai kalian tentukan sendiri dan menjadi tanggung jawab pribadi. Suatu hari ada yang bertanya lewat ask.fm terkait "kenapa sih aku harus pilih arsitektur interior?" yang kemudian saya jawab dengan lebih general dengan harapan supaya dengan jurusan lain bisa membaca dan memikirkan hal tersebut lebih lanjut. Saya menjawab:
"Sebenernya (dari apa yang saya alami dan berinteraksi dengan orang lain) kuliah itu tidak menjamin orang akan sukses/sangat tidak menjamin. Namun, dengan kulian/sekolah dengan jenjang yang lebih tinggi akan membentuk lingkunganmu yang lebih baik dan tentunya membentuk pola pikirmu menjadi lebih dewasa sehingga bisa mengontrol dirimu sendiri dalam memutuskan suatu hal dalam hidupmu. Jurusan, suatu hal yang membuatmu bingung di akhir masa-masa SMA-mu, adalah jembatan untuk mendapatkan hal tersebut. Maka menurutku adalah penting memikirkan baik-baik apa jurusan yang kamu inginkan serta dimana kamu akan melanjutkan pendidikanmu itu."

Ribet?
Menurut saya tidak, kamu hanya perlu mengetahui apa yang kamu sukai atau kalau dari yang disukai menjadi suatu hal yang sulit, cobalah melakukan yang sebaliknya, yaitu cari apa yang kamu tidak sukai dan eliminasi satu persatu. Saya yakin diri kamu sudah mengetahuinya sejak awal.

Dari awal emang udah pengen Arsitektur Interior?
Sepertinya iya. well, saya sering berpikir salah mengambil jurusan mungkin karena dulu selalu berada dalam posisi yang stabil dalam prestasi (gak terlalu bagus, dan gak terlalu buruk, namun masih dengan mudah saya jalani) dan ketika memasuki perkuliahan semuanya berjalan tidak sempurna. Saya selalu bilang bahwa 'kuliah dan SMA adalah beda'.

Bedanya apa?
Banyak hal yang sulit dijelaskan, namun harus kalian rasakan sendiri. Perbedaan yang signifikan adalah kalian tidak bisa lagi menerima begitu saja apa yang dosen berikan atau yang kalian dapatkan selama kuliah. Susah untuk dijelaskan, tapi menjadi mahasiswa merupakan suatu proses mendewasakan diri untuk menentukan apa yang harus saya lakukan? sikap apa yang harus saya ambil? serta bagaimana saya menyelesaikan permasalahan, yang biasanya terkait dengan ego serta mimpi-mimpi baru yang muncul ketika banyak bertemu dengan orang-orang baru dengan kultur yang baru.

Lalu apa yang harus dilakukan?
Bagi kalian yang baru menjalani status baru kalian, menurut saya:
  1. Persiapkan diri kamu baik-baik, terutama mentalmu. Bentuk dan yakini dirimu bahwa kamu saat ini adalah seorang mahasiswa yang beda dari anak SMA sebelumnya
  2. Kenali cara belajarmu secepat mungkin. Ingat belajar tidak hanya duduk di kelas mendengarkan dosenmu berbicara, banyak hal! temukan itu sendiri :)
  3. Ikuti semua hal yang ada di semester pertama hingga kedua kuliahmu. Hal tersebut menjadi tools untuk mengetahui apa yang ingin kamu pelajari, lakukan, dan kamu banget!




  4.  
dan masih banyak poin-poin lain yang sepertinya bisa kita bahas dilain waktu (atau kalau kalian meminta, hehe). Kuliah itu menyenangkan kok! akan banyak yang kalian dapatkan dan alami. Masalah-masalah yang kalian temui selama masa kuliahmu, hadapi dan cari jalan keluarnya :)
TO BE CONTINUED ......

Comments

  1. Congrats buat degree-nya, Aisyi! Semoga ilmumu berkah dan bermanfaat selalu. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts