MAHASISWA STORY - PART. 2

It was a happy ending of my college life. It was a best part of my life. I felt that every people in around me were happy. And I realize that I just completed my undergraduate degree (hope it will be continued) then I will started a new part in my life.


Kuliah 4 tahun itu diakhiri tanpa terasa, ya .. tanpa terasa sudah 4 tahun berlalu, tanpa terasa banyak hal yang dipelajari, tanpa terasa sudah lebih nyata hidup ini. Jika kalian yang membaca tulisan ini adalah siswa/i SMA, memori saya kembali terpanggil ke masa-masa lebih dari 4 tahun, dimana yang saya pelajari bisa dibilang masih seluruh ilmu yang ada di dunia ini. Ingat ketika di SMA saya belajar matematika, kimia, fisika, biology dan saya harus beri tahu kalian bahwa ketika kuliah (terutama jika kalian mengambil jurusan ini: arsitektur/arsitektur interior) itu tidak akan dipelajari layaknya seperti di SMA, saya kurang tahu pelajaran-pelajaran tersebut di jurusan lain.

BUKAN BERARTI SAYA MEMBERI SARAN KEPADA KALIAN BAHWA KALIAN HARUS TIDAK PEDULI DENGAN PELAJARAN SMA KALIAN
setelah masuk kuliah atau arsitektur interior saya jadi lebih paham apa gunanya mempelajar berbagai macam ilmu tersebut. Saya akan membagi apa yang saya pikirkan tentang itu.

"SEMUA ILMU DI DUNIA INI TIDAK ADA YANG SIA-SIA"
arsitektur/arsitektur interior pada dasarnya adala ilmu hidup, saya kembali mengutip perkataan dari salah satu dosen di arsitektur. Sebenernya saya masih belum terlalu paham apa artinya itu, tapi jika kita berbicara tentang hidup? apa itu hidup? sepertinya itu bukan ranah saya karena nanti akan jadi bahasan filsafat dimana pemikiran saya nampaknya belum sampai pada tahap itu (saya masih belajar). Arsitektur/arsitektur interior pada dasarnya adalah tentang 'bagaimana kita menyelesaikan suatu masalah", kita belajar menjadi seorang problem solver. Apa yang kita selesaikan? permasalahan hidup? Jangan bayangkan masalah-masalh hidup seperti putus cinta, hehe .. atau mungkin itu salah satunya. Standarnya adalah bagaimana manusia hidup, mereka pasti membutuhkan tempat tinggal bukan? sebuah rumah? yap .. rumah adalah salah satunya. Jikalau kita mundur tentang bagaimana manusia hidup maka banyaaaak sekali hal yang harus diselesaikan, salah satunya rumah, lalu bisa jadi tempat bersosialisasi, tempat menimba ilmu seperti sekolah, perpustakaan, dan sebagainya. Ilmu-ilmu yang dipelajari selama di sekolah/SMA akan sangat dibutuhkan ketika berperan sebagai problem solver itu. Saya langsung contohkan pada sesuatu yang pernah saya lakukan.
Saya diberikan kesempatan untuk mendesain sebuah TK, maka untuk mendesainnya saya membutuhkan pengetahuan tentang apa saja yang diajarkan ketika di TK. Kebetulan temana saya ada yang mengambil S1 Pendidikan Anak Usia Dini dan saya pun bertanya seperti mendapatkan 1 jam kuliah dengan yan bersangkutan. Banyak lagi yang lainnyal sehingga memberikan kesimpulan bahwa apa yang kamu pelajari ketika di SMA merupakan harta karun yang bisa kamu gunakan ketika mendesain (ya .. bagi kalian yang ingin menjadi seorang arsitek/arsitek interior). Pelajari dengan senang hati ilmu-ilmu yang 'mungkin' beberapa dari kalian anggap 'gak penting' dan sebagainya. Percayalah itu akan berguna di kemudian hari :) terutama dalam menjalani hari-harimu di perkuliahan arsitektur/arsitektur interior nantinya.
 
Selesai sudah 4 tahun S1 saya, kira-kira apa yang akan saya lakukan untuk selanjutnya ....
 
TO BE CONTINUED .....

Comments

Popular Posts