TALKING ABOUT DREAMS: MAU JADI APA INDONESIA?

Continue from what I watched last night, it was La La Land movie. Honestly, I went to watch that movie because I followed on The Golden Globe Awards that gave 6 awards for this movie (correct me if I am wrong). One of them is the best picture. Ya, since I have done an internship in a studio that work on designing some set of films or advertisements, exactly it was one year ago, I have an intention to know what film which is got the award in 'best picture' category. Because it means that movie did a successful thing in arranging the set and taking the picture also. Then I found La La Land took that award home. I have never known about the story of that film and I could not find my interested to watch this movie until I searched a movie trailers that played one of song from this movie. Yes, this is the musical film, if you have not known it. I've felt in love with the song(s). You know, it was such a magic, I felt in love before I knew the story of the film. I thought there were many amazing things when I watched that movie. I read the synopsis is about a dream. I don't want to spoil you about the film, but I enjoyed watching the film and you have to watch it by yourself. Yes, I know why I felt in love with this movie suddenly.
Talking about 'dream' because I've just watched La La Land and I am working on my secret project (It still to be announced right now, sorry) which was made me to ask about The Indonesia's dream for the future.

Mau  jadi apa sih Indonesia sebenernya? / What will Indonesia be?

Yap, Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang di Asia. Kami sedang bergerak menjadi sebuah negara yang maju seperti negara-negara lain yang sudah memliki label sebagai negara maju, is it right?. Tetiba saya mendapatkan sebuah pertanyaan dimana untuk diolah menjadi suatu hal yang bernilai seni, dimana pertanyaan tersebut mengarah kepada sebuah isu yang kemudian dimita untuk diselesaikan menjadi sebuah karya seni. Well, let's discuss the question to make it relate with the title of the posting. hehe
Sedang bergerak kemanakah Indonesia saat ini? Menjadi seperti negara maju lainnya? Ataukah Indonesia punya mimpi sendiri menjadi suatu hal lain mengingat apa yang dimiliki Indonesia merupakan suatu hal yang luar biasa, kekayaan alam dan adat istiadat yang tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya. I prefer for my last statement in our own way to be but jika jawabannya 'iya' untuk menjadi seperti negara-negara lain yang kita berikan label sebagai negara maju ataupun we agree with that last statement. Sudah sampai manakah negara ini bergerak ke arah sana?
.
.
.
honestly, I have no idea what I will write to answer the last question that I've written. Really, really, and really I stuck about the answer.
.
.
.
need your help for answer, leave it to the comment box :)
.
.
.
Jika kembali mundur pada pertanyaan "mau menjadi apa Indonesia", ada dua hal yang terlintas bahwa tentang 'menjadi' sesuatu adalah 'menjadi' secara fisik dan non-fisik. Yap, secara fisik, Indonesia masih terus bergerak untuk memperbaiki, menambah, ataupun mengganti segala hal yang menunjang orang-orang yang lahir dan besar di Indonesia ini. Mari kita katakan itu merupakan pembangunan arsitektur yang dilakukan secara massive belakangan ini. Berkembangnya infrastruktur akan memfasilitasi orang-orang which is mempermudah orang-orang dalam melakukan segala aspek, serta diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup manusia-manusianya. Saya tidak tahu pasti poin yang terakhir itu menjadi bahan pertimbangan juga atau tidak ketika memutuskan untuk melakukan pemngembangkan infrastruktur yang mana pembangunan itu baru ter-headline pada kota-kota besar di Indonesia saja. Somehow saya setuju, pembangunan ini tidak akan berjalan lancar jika tidak diimbangi dengan bergeraknya pola pikir manusia-manusia di Indonesia menjadi ke arah yang lebih baik. Ya, terlalu banyak kejadian-kejadian atau hal-hal aneh yang membuat saya menarik kesimpulan "sepertinya ada penurunan terhadap cara manusia di Indonesia berpikir atau ya mungkin di situ-situ aja dan tidak kemana-mana". Hal-hal yang tidak penting justru di blow up dan sebaliknya yang penting hilang bahkan tidak muncul. Mungkinkah itu juga semacam tren yang ada di dunia/negara-negara lain atau hanyakah di Indonesia saja? dunno. Hanya menyayangkan jika saat ini banyak hal yag menjadikan rate, likes, komentar dan sebagainya sebuah hal yang lebih penting dibandingkan aspek lainnya. Somehow, it is needed! but it will be bad thing if it takes too much, right?
Bayangkan jika infrastruktur yang sudah mengeluarkan miliyaran bahkan triliunan rupiah kemudian dirusak oleh manusia-manusia yang pola pikirnya tidak ikut terbangun? sia-sia. Toh, jadinya untuk apa segala macam hal ini kalau pada akhirnya rusak atau bahkan tidak membantu sama sekali. Pada akhirnya kembali lagi pada pertanyaan "sedang bergerak kemana kita?", kalau kita sadari 'mimpi' Indonesia akan (sangat) terganggu dengan tidak ikut terbangunnya pola pikir manusia-manusia ini. So, ya let's think about and do it together!

Comments

  1. Kak Aisyi, sekarang kerja dmn? Aku boleh minta email nya gak atau line? Aku mau nanya tentang arsitektur interior, karena aku lagi butuh advice untuk milih prodi. Mksh kak sblm nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts