MIMPI SAYA UNTUK INDONESIA


Melihat kondisi Indonesia saat ini yang terpikir apa sih yang harus saya lakukan? Beberapa orang dengan mudahnya membagikan posting-posting yang kesannya sinis, postingan-postingan komentar bernada penuh judgement. Postingan-postingan yang menyuarakan ketidak-idealan dari pemilik akun yang kemudian berujung ditanggapi oleh ke-ideal-an atau ketidak-idealan pemilik akun yang lainnya. Awalnya baik-baik saja sampai akhirnya berujung adu bacot keidealan masing-masing. Pernah gak sih kalian merasa lelah melihat orang-orang Indonesia kebanyakan seperti itu? dan mungkin saja orang-orang seperti itu berada di lingkaran terdekat kalian?
Pertanyaan besar yang muncul di kepala saya adalah "haruskan saya melakukan sesuatu?" which is membantu supaya beberapa orang di lingkaran terdekat saya bisa lebih cerdas dalam berkomentar. Gak ada yang salah dengan berkomentar, negara kita adalah negara demokrasi tapi bukankah alangkah baiknya kita bijak dalam berdemokrasi. Komentar-komentar yang muncul balik lagi ke statement awal, bukan komentar-komentar yang kesannya "ih kok lo gitu, bodoh banget, gak belajar yaa?". Saya lebih setuju dengan komentar-komentar yang membangun dan solutif, jika ada yang salah maka akan lebih enak "bukannya seharusnya seperti ini, karena bla bla bla". Gak ada emosi yang hadir pada postingan, memberi banyak manfaat buat yang baca dan pastinya gak akan buat orang-orang jadi pecah belah karena berkelahi masalah prinsip dan apa yang dipahami segala macamnya. Ya, karena setiap orang punya prinsip dan pemahaman yang beda-beda selama hidup dan masing-masing dari kita tidak bisa memaksakan apa yang kita pikirkan kepada mereka, terlebih lagi cara mengkomuikasikannya dengan kalimat yang kurang ok which is unreasonable gitu. Sekian pemikiran saya tentang masalah itu, saya cuma kepikiran bahwa saya tidak sebegitu komentar lagi dengan hal-hal semacam itu (saya sudah sampaikan komentar yang semoga solutif). Saya ingin merencanakan/bermimpi tentang apa yang bisa saya lakukan untuk Indonesia. Sungguh akan menghabiskan banyak waktu jika saya ikutan "komentar-ing" tersebut dan lebih baik saya fokus dengan kontribusi apa yang bisa saya lakukan untuk Indonesia.
 ...
Menjadi seorang designer di Indonesia merupakan hal yang susah-susah gampang. Dibandingkan dengan negara-negara lain atau gak usah yang jauh-jauh, seperti Singapura saja dalam hal desain which is Interior Design yang merupakan bidang saya, Indonesia masih sangat ketinggalan jauh. Indonesia punya kekayaan yang luar biasa dalam hal apapun yang sebenernya bisa dijadikan sebuah identitas dalam mendesain tapi sayangnya hal tersebut masih kalah pamor-nya dengan style-style desain lainnya. Ditambah lagi masih banyak orang-orang Indonesia yang belum bisa menghargai profesi desainer interior atau bahkan lebih parahnya lagi masih terlalu banyak yang belum bisa memiliki kesempatan untuk bisa menghargai sebuah desain karena daerahnya masih tertinggal jauh.
Mimpi pertama saya yaa menjawab kegelisahan saya diatas bahwa Indonesia juga harus keren desainnya. Desain bukan melulu berarti bagus tapi juga solutif, apa yang di desain bisa menyelesaikan apa yang menjadi masalah entah itu kasusnya rumah/residential, public space, dan seterusnya. Cara saya saat ini adalah untuk terus mendesain sekaligus berharap itu bisa mengedukasi setidaknya dimulai dari klien saya mengenai apa sih sebenernya "mendesain" which is sambil dilakukan ketika bertemu dan memfasilitasi mereka. Semoga berlanjut dan berlanjut hingga semua orang di Indonesia dapat aware dan paham dengan sebuah "karya" design. Hal ini saya sadari seiring berjalannya waktu setelah wisuda dan memasuki dunia kerja ini karena pada dasarnya hidup ini saya sadari menjadi tidak bernilai kalau apa yang kita lakukan gak bermanfaat untuk siapapun atau gak bertujuan. Maksud saya adalah saya mendesin untuk hidup saya lebih baik di masa depan, tapi hidup ini perlu saya desain supaya lebih baik di masa depan. Dan hidup ini bukan tentang saya sendiri tapi banyak manusia dan elemen hidup lain yang perlu saya perhatikan salah satunya tentang negara ini di masa depan di mana di sini saya tinggal. Lewat peran saya dan apa yang saya pelajari dari lahir sampai detik ini saya memiliki profesi sebagai seorang desainer, saya berharap benar-benar bisa memperbaiki Indonesia lewat apa yang saya desain ...
...
Masih banyak yang harus saya lakukan bukan untuk merubah hal tersebut? jadi kalau waktunya dihabiskan untuk men-judge orang lain kapan bisa berubahnya Indonesia? Jadi temen-temen semua bayangin kalo semua orang which is punya perannya masing-masing tapi waktunya habis untuk hal tersebut, mau dibawa kemana Indonesia ini? Perubahannya itu ya sebenernya ada di diri kita masing-masing.

Comments

Popular Posts