DESAIN DAN MANUSIA

Malam ini gue belajar bahwa sesungguhnya mendesain lebih dari sekadar membuat sebuah konsep dan mengoperasikan autocad, bahkan lebih dari sekadar menjual jasa dan mendapatkan uang. Mendesain sebuah desain lebih kepada tentang kita menyelaraskan kehidupan yang dirasa kurang baik menjadi baik di waktu selanjutnya. Mendesain sebuah desain adalah tentang kita berhubungan satu sama lain. Bukan merasa lebih baik dari pada yang lain tapi bagaimana kita memberikan yang terbaik bagi yang lain. Ada kalanya marah, sedih, dan kesal hadir, tapi itu wajar, manusia namanya, tapi dengan mendesain kita seharusnya belajar untuk menaklukan itu semua. Kita semua tau itu tidak baik toh!
Sejauh ini gue (masih) belajar untuk berhubungan baik dengan manusia dan proses "mendesain" telah banyak mengajari gue tentang memahami berbagai macam karakter manusia. Dan lagi-lagi sampai dengan detik ini, gue berkesimpulan bahwa desain adalah tentang hubungan antar manusia-manusia.

Sejauh ini gue paham bahwa dari proses seorang klien datang kepada seorang desainer, bukan hanya tentang sebagus apa si desainnya namun juga tentang sebaik apa kita mendesain dan menghasilkan desainnya. Ya walaupun desain yang bagus itulah yang menjadi cara kita bertemu dengan klien karena mereka tertarik, suka dengan desainnya. Namun gue percaya selebihnya adalah tentang ketulusan si designer membantu klien yang notabene sebenarnya sedang kesusahan dan bingung mencari solusi. Gue percaya materil akan bertambah seiring dengan ketulusan yang kita berikan kepada si klien. Misal, walau gak seberapa fee yang dibayarkan, ketulusan itulah yang akan menghantarkan kita kepada calon klien lainnya yang merupaka teman dari-, kerabat dari-, teman dari temannya dari-, dan seterusnya.

Sejauh ini gue paham bahwa mendesain bukan hanya menghasilkan sesuatu yang bagus sehingga kita akan mendengar "Wah, desainnya bagus!" atau "Lo jago banget sih!", dan semacamnya, tapi lebih kepada tersenyum karena senyuman lain yang hadir ketika proses mendesain atau ketika desain kita jadi dan bisa dinimati yang lainnya. Klien bahagia dengan desainnya yang bagus, begitu pula dengan orang-orang yang membeli produk yang kita desain atau yang datang ke tempat yang kita desain. Ya, sama-sama merasakan hype mereka ketika launching dan melihat orang-orang disekelilingnya happy. Gue rasa sejauh ini, itu yang paling gue suka :)

Sejauh ini gue paham bahwa marah, kesal, egois, dan teman-temannya adalah mood yang gak penting dalam menjalani hari-hari. Rugi rasanya jika terjadi karena dibalik semua itu diskusi dan share  adalah sebaik-baiknya cara menyelesaikan semua problem yang muncul. Hal itu wajar! tapi sejauh ini gue benar-benar belajar untuk mengontrol itu dengan baik sehingga semakin bijak dalam segala hal.

Sejauh ini gue paham bahwa mendesain bukan tentang diri sendiri karena desain ada pada banyak sudut pandang dan untuk menghasillkan desain yang baik dari semua sudut pandang, kita pun butuh banyak sudut pandang. Tidak mudah! dan justru itu tantangannya. Bekerja dalam teamwork bukan berarti hanya seperti peribahasa "berat sama dipikul, ringan sama dijinjing" tapi lebih kepada ada untuk menambahkan dari apa yang kurang di diri sendiri dan sebaliknya, ada untuk menambahkan apa yang kurang di yang lainnya.


Gue belum pernah belajar sejauh ini dan belajar sebanyak ini. Gue merasa bersyukur tentang apa yang baru gue pahami dalam hidup ini dan dari apa yang selama ini gue lewati dan banyak memberikan pelajaran dalam hidup gue pribadi. Gue semakin percaya bahwa setiap hal buruk yang terjadi dalam hidup ini (terutama selama gue mengerjakan pekerjaan gue) akan, selalu, dan pasti ada poin baik yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Comments

Popular Posts