SETELAH 56 TAHUN, ASIAN GAMES 2018 DI INDONESIA


What a wonderful show! Setelah melihat opening ceremony Asian Games 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018, ada beberapa temen-temen gue yang nangis pas nonton begitupun gue yang tetep berkaca-kaca kalau nonton berulang-ulang. Sejujurnya, pada awalnya gue gak se-excited ­itu dengan Asian Games sebelum pada akhirnya melihat opening ceremony yang luar biasa. Gue hanya tau bahwa Asian Games yang merupakan pesta olahraga terbesa se-Asia akan diselenggarakan di Indonesia setelah pada tahun 1962 Indonesia juga berkesempatan menjadi tuan rumah dan membuat kita memiliki salah satu stadion terbesar di Asia Tenggara, Gelora Bung Karno. Setelah Asian Games berakhir dan flashback apa yang sudah terjadi di Indonesia khususnya kota-kota penyelenggara: Jakarta, Palembang dan kota-kota di Jawa Barat, gue pribadi jadi sangat berharap banyak event-event sekelas Asian Games terselenggara di Indonesia. Secara langsung dan tidak langsung banyak hal yang ter-upgrade dan itu yang diharapkan bangsa Indonesia atau gue secara pribadi.

1.    Infrastruktur Setara Negara Maju

Indonesia akhirnya punya opsi public transport baru, MRT dan LRT, walaupun yang di Jakarta belum beroperasi ketika Asian Games 2018 berlangsung. Keberadaan MRT dan LRT ini menurut gue salah satu kemajuan tentunya dengan harapan rakyat Indonesia mentality-nya juga semakin maju. Dengan kata lain, lebih teratur, mau antri ketika masuk LRT atau MRT-nya nanti, sesederhana mendahulukan yang keluar sebelum masuk. Yang paling terpenting bisa menjaga kebersihan dimanapun berada.


Dari awal persiapan Asian Games 2018, yang paling-paling exciting things adalah upgrade komplek Gelora Bung Karno menjadi lebih bersih dan tertata dengan baik. I was in main stadium of Gelora Bung Karno dan ketika waktu itu berkesempatan menonton salah satu pertandingan dengan kondisi stadion utama yang baru, I only said “wow” because that is different in a good way. Kalau waktu itu sempat belajar atau mencari tahu tentang bagaimana standar stadion olahraga yang baik, waktu itu presedennya adalah salah satu stadio di Inggris. I have to say that GBK have international standard. Very good job!

2.    Kesadaran Masyarakat untuk Memajukan Bangsa dan Negara

Menurut gue ini aspek yang terpenting dari sekadar kita punya infrastruktur keren setara negara maju, yaitu kesadaran dan kemauan untuk maju. Banyak tweet atau postingan netizen yang gue baca sebelum Asian Games 2018 berakhir dan mereka bilang bahwa ingin Asian Games diperpanjang. Gue menilai bahwa banyak rakyat Indonesia yang ingin kondisi di Indonesia seperti yang terjadi selama Asian Games berlangsung, kalau kata beberapa orang seperti gak di Indonesia karena Indonesia jadi lebih bersih dan teratur. Mungkin harapan bahwa mentality orang-orang Indonesia harus maju seiring dengan pertambahan infrastruktur sepertinya ada dan perlu dijaga terus.

Kondisi politik di Indonesia yang kurang enak pun akhirnya hilang, lupa karena kita semua sibuk mendukung satu identitas, yaitu Indonesia. Betapa nyamannya melihat sosial media yang lebih banyak dipenuhi tentang update pertandingan, update medali yang didapat Indonesia, ah :). Acara TV yang gak bermutu digantikan dengan siaran pertandingan-pertandingan Asian Games. Do you know I was watching all the match along day, padahal biasanya mendingan di kamar nonton youtube atau series luar dibanding nyalahin TV Indonesia karena bingung apa yang mau ditonton. Terbukti bahwa banyak sekali orang Indonesia yang diwakili netizen-netizen di Indonesia haus akan acara bermutu di TV dan rasanya sedih sekali ketika Asian Games berakhir sehingga gak ada lagi tayangan-tayangan pertandingan Asian Games yang menjadi opsi tayangan bermutu di TV Indonesia.

3.    A Good Show is a Well Planned Show

Opening Ceremony is the key, I think, magic and made attention to people. Mungkin awalnya gak sebegitu pedulinya seperti gue yang hanya interest dengan melihat major renovation di GBK dan penasaran dengan opening ceremony jadi mulai atensi ke persiapannya. Tapi ketika melihat openingnya berlangsung, I only said “wow” and I give a big thumb up for the team behind a great show. Kemudian semua mata orang mulai tertuju pada Asian Games dan coba kalian bayangkan seandainya opening gak se-wow itu? Mungkin gue akan bilang Asian Games gak akan menarik perhatian manusia sebanyak itu khususnya di Indonesia.

Wishnutama, the creative director, absolutely is a role model for a young people in Indonesia. We could learn from him about the creativity and how to make that ideas become the real one. He showed us that we have to work hard to be good and for me, I learn that ‘the detail is important’ for making a great show or whatever we make. Kalian tau! Beberapa kali melihat cuplikan persiapan opening yang sudah dimulai 3 bulan sebelumnya dan gak ada keraguan sama sekali kalau bilang bahwa OC adalah sebuah kesuksesan besar.

Well, I must say I want to everyday is Asian Games in Indonesia and who agree with me? :)

Comments

Popular Posts