MENGAPA MANUSIA JATUH CINTA?

Manusia, Human, Homo Sapiens, makhluk si pemimpin di muka bumi -- diciptakan Tuhan spesial untuk mengisi bumi dan mengeksplor seluruh fungsinya. Manusia diberi kelebihan akal supaya bisa menjalankan sistem-Nya di bumi dengan sebaik-baiknya. Manusia dan beberapa makhluk mamalia lainnya diciptakan Tuhan hanya bisa melahirkan satu atau dua anak, beberapa kasus memang spesial bisa melahirkan sampai dengan tiga, empat atau bahkan lima anak. Prosesnya bukanlah waktu yang sebentar, si ibu butuh waktu 9 bulan mengandung, memberikan nutrisi, sampai dengan anaknya lahir dan memiliki kehidupan di dunia. Setelahnya apalagi -- si anak perlu dirawat hingga mampu menghidupi dirinya sendiri.

Jika kita tarik mundur ke jaman dahulu--purba-- dimana manusia masih hidup di dalam gua, proses kehamilan atau mengandung anak lebih banyak tantangannya. Bayangin ketika hamil sampai dengan melahirkan, jka si ibu ditemani si bapak tidak menjaga anak mereka dengan baik atau mengabaikannya, ancamannya bukan hanya sebatas jatuh dari tempat tidur, melainkan bisa jadi dimakan singa dan hewan buas lainnya.

Jatuh cinta menjadi bagian dari proses evolusi manusia dalam menciptakan bonding atau keterikatan antara manusia satu dan yang lainnya. Tujuannya adalah supaya anak yang dilahirkan bisa dirawat bersama, memenuhi kebutuhan primer, sepeti makanan, rumah tinggal yang aman, dan seterusnya, hingga sampai nantinya bisa hidup mandiri.

 Samsung Note created: 6-Oct-2019, 12:28 am

Comments

Popular Posts