BE A REASON SOMEONE SMILES TODAY

Be a reason someone smiles today, jadi sebuah kalimat yang super sweet ya? Siapa sih yang gak seneng kalau ada seseorang atau banyak orang yang tersenyum karena kita melakukan sesuatu? Sepertinya sih gak ada. Waktu-waktu menjelang akhir hari dimana sepanjang hari hanya dihabiskan sendiri tanpa interaksi itu kadang-kadang jadi melow sendiri. Mungkin karena setelah panjangnya hari yang dilalui, menjelang waktu istirahat untuk besok kembali ke rutinitas, tersadar kalau "eh, udah malem", "eh, tadi ngapain aja sih? kok kayaknya nothing", dst. Terus jadi berkembang ke arah, "sepi ya", dst. Duh, emang ya pikiran si overthinker ini bisa kemana-mana berkembangnya.

Anyway, sebenernya jadi kepikiran sih tentang gimana rasanya jadi alasan untuk seseorang hidup, jadi motivasi seseorang untuk menjalani hari. Sampai detik ini kok rasanya gue super egois ya? Kalau kata Kunto Aji, sudah terlalu lama sendiri dan sudah terlalu asyik sendiri. Sampai-sampai untuk memulai untuk melakukan be a reason itu kok bingung, bingung mendefinisikannya. Ujung-ujungnya tuh topiknya mengarah ke (lagi-lagi) pasangan yang udahlah gak usah diomongin lagi karena sedang memasrahkan saja. Jadi, kita omongin yang lain aja.

Tapi tidak bisa dipungkiri sih, sepi itu memang ada, semakin kesini semakin sering. Gue sering mikir, apa ya yang harus gue lakukan karena kalau itu jadi satu-satunya solusi, rasa sepi itu pasti akan terus-terusan ada sementara apa yang gue inginkan rasanya bukan di gue kontrolnya. :(

Maju mundur melakukan ini, tapi mungkin merawat makhluk hidup lain bisa jadi solusi. Dengan pernuh kekhawatiran karena takut mati dan ini itu, akhirnya ada satu orang di cafe ngasih gue tanaman untuk dirawat, Siri Gading. Well, karena dikasih mau gak mau diterima dan dirawat baik-baik. Selang beberapa minggu, pas lagi jalan ketemulah satu pot kaktus yang super lucu. Yap, akhirnya punya 2 pot tanaman yang harus gue rawat, si Siri Gading yang harus dipastikan airnya cukup tiap hari, dan si Kaktus yang seminggu sekali gue kasih cahaya matahari maksimal dan disemprot air. Beberapa malem gue sering kadang ajak ngobrol 2 pot itu, haha. Yes, kalau dipikir-pikir gue udah mulai gila tapi gue merasa karena mereka adalah makhluk hidup juga, gue sebagai manusia yang merawat perlu kasih energi positif ke mereka. Entahlah bener atau gak tapi gue percaya itu sih lagian dari pada bingung curhat ke siapa, udah aja ngobrol sama tanaman, lol. Kenyataanya, gue super bahagia pas liat ada calon daun baru atau tunas baru. Gue menganggap si pot-pot ini bahagia karena gue merawatnya dengan baik, semoga ya.

Gue super setuju kalau kita butuh cinta disetiap detik yang kita lalui. Gue salah satu orang yang melakukan apapun itu kalau gue gak suka yaa gak akan gue lakuin pun mendekat, sekecil apapun itu. Jadi menyertakan cinta disetiap saat tuh menurut gue jadi penting sekali. Kalau itu berkait dengan makhluk hidup lainnya, benar rasanya jadi be a reason someone/a pot of plants/a pet (maybe) smiles today adalah sesuatu buat gue. Ingin melakukannya tiap saat tapi ada momen-momen tertentu mungkin gak cuma be a reason someone smiles tetapi juga be a reason diri sendiri tersenyum. Kadang lupa kan?

Comments

Popular Posts