I WAITED AGES TO SEE YOU THERE

10 tahun memilih untuk ada dibidang ini, ada banyak hal yang gue ingin coba. Saat itu pun gue menyadari bahwa gue punya kesempatan untuk explore dibanyak hal yang pola pikirnya gue dapat dari bidang yang gue tekuni. Sebelum memutuskan masuk ke desain, sebenernya gue pun udah punya ketertarikan tentang bagaimana menghadirkan sebuah ruang yang memberikan pesan atas suatu hal. Sesederhana dulu suka nonton film dan selalu ingin tahu bagaimana proses membuatnya, dan seiring berjalannya waktu, gue tau bahwa gue punya kapasitas itu. Dari kuliah, selalu tertarik dengan stage design, exhibition design, set design dan sedikit demi sedikit ingin paham lewat mengunjungi pameran, museum, sampe mencoba untuk intership di studio yang ngurusin soal-soal set iklan atau film. Pada akhirnya punya ambisi buat ada dalam bagian proses itu.

Gue akan menyebutnya "an ideal project" karena pertama gak akan mudah untuk mendapatkan sebuah project yang prosesnya serta hasilnya sesuai dengan apa yang kita bayangkan. Yap, mungkin pada tahun-tahun ke belakang lebih sedikit jenisnya, maka bersyukurlah sekarang sudah sampailah gue di momen ini. Mau terharu ...

Seiring berjalannya waktu, gue lebih banyak berpikir kenapa hati ini tetap punya keinginan besar tentang mendesain sebuah pameran? Kenapa harus pameran? Kenapa gak ruangan lain aja, yang biasa aja seperti rumah? dan yang akhirnya gue temui garisnya adalah selama ini desain jadi salah satu cara gue untuk berkomunikasi, mencurahkan pemikiran sebagai media untuk menyentuh lebih banyak perasaan manusia lagi. Karena gak ada yang lebih menyenangkan lagi ketika melihat apa yang sudah kita buat itu punya makna lebih buat orang banyak. Gue sadari mungkin lewat hal ini gue bisa jadi manusia yang lebih bermanfaat, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat kan buat orang lain kan.

Selain usaha, peluang itu juga jadi bagian penting atas terjadinya suatu hal, dan selama ini gue menunggu peluang itu hadir sambil mengusahakan untuk menjemput peluang itu. Jujur, sempat mau menyerah bahwa "an ideal project" itu akan sulit untuk digapai, dan pun gue mulai merasa salah memilih jalan karena rasanya gak sampe-sampe ke tujuan yang dimau. Tapi kini gue paham tentang arti dari sebuah proses dan tentang bahwa keinginan itu akan mudah dicapai ketika kita bersama, pada akhirnya ini bukan tentang diri sendiri tapi menyangkut banyak orang. Kata "mau" yang gue ucapkan tahun lalu tanpa sadar mengarah ke hal yang menjadi awal atas segalanya. Segala kerisauan setahun lalu yang membuat mau nyerah itu ternyata merubah banyak hal dalam perjalanan hidup ini.

Perjalanan desember lalu yang membuat gue berpikir, "gimana sih biar bisa ngerjain atau bikin kayak ginian" tuh terjadi juga langkah pertamanya lewat kemarin studio visit. Nervous-nervousnya sebelum acara dan late stay untuk loading segala persiapannya itu yang menjadi pembelajaran serta experience baru yang selama ini belum pernah dilewati untuk kedepannya lebih percaya diri untuk melakukan hal yang serupa. 

Sampai dengan detik ini, gue percaya bahwa hidup ini adalah sebuah proses dan tentang bagaimana kita memandang sebuah proses itu. I am really proud of me karena masih mau berjalan sampai ke titik ini dan tetap hadir dengan membawa hope itu. Kita yang punya kontrol atas reaksi dari segala hal yang terjadi dalam hidup ini dan kita punya pilihan whether membuat itu jadi bagian untuk mencapai tujuan atau ya abaikan dan buat hal lain yang punya makna yang sama untuk hidup kita.

I wait ages to see you there ... you're on your own!


 

Comments

Popular Posts