2024

Hello.

...

Sejujurnya bingung mulai dari mana mengisi blog ini karena udah lama skip blog ini, padahal pernah ngomong sama diri sendiri untuk lebih sering bercerita di blog ini karena berharap akan membantu untuk release kejenuhan, kekhawatiran dan kegelisahan lainnya. Oleh karena itu, mari kita mulai cerita di hari pertama tahun baru ini.

.

2023

Last year was about a change and bravery for me.

A change yang besar dimana gue memulai hal baru yang selama ini gue impikan, pindah ke London dan memulai perjalanan sebagai seorang master student. Kalau dipikir lebih dalam lagi, rasanya masih gak percaya dan sering kali meragukan diri sendiri, dan saat itulah banyak skenario ke belakang mulai ke-play lagi di dalam otak. Sungguh betapa harus bersyukurnya gue dan baiknya bersemangat untuk menyelesaikan apa yang sudah dibuat.

Menjalani hari-hari disini, gue melihat semua hal adalah positif, masih. Sejauh-jauhnya keluar dari zona nyaman, ini hal yang terjauh. Terasa sekali naik levelnya, terasa sekali lebih dari dekade kebelakang gue benar-benar dipersiapkan untuk skenario ini. Mari sedikit track back ulang agak lebih jauh ke belakang dari unexpected becoming a part of IC, conciousnessly menyedihkan memulai karir di Bandung tapi ketemu keluarga baru yang sangat lovely, dan undoubtly begin my adventourous journey in London. Gue yakin, tanpa ragu, seharusnya gue mampu untuk melalui hal-hal baru di depan dengan pelajaran-pelajaran yang diambil selama ini. Jadi, seharusnya gak perlu ada yang dikhawatirkan, kan?


Last year was about unconditional love.

Gak pernah sekali pun terpikirkan bahwa 'pergi' akan seberat ini. Jujur, sebagai manusia yang selalu berpikir bahwa diri ini adalah unimportant person, pamitan sama orang-orang yang jadi bagian rutinitas selama bertahun-tahun ke belakang itu gak mudah. "Gapapa, gue sendiri aja!" itu jadi buyar di minggu-minggu terakhir di Indonesia. Ternyata si manusia gengsi ini yang ternyata takut dilupain sama orang-orang sebaliknya merasa banyak cinta dan sayang tersingkap. Ternyata selama ini ada disana, gue aja yang gak pernah sadar. Selama ini sibuk mencari cara untuk pergi dan mencari tantangan lain, sibuk mencintai diri sendiri, tapi sebenernya gue sudah dikelilingi cinta dari banyak orang kok. Gak usah sibuk mikirin yang pergi, syi!


Last year was about a significant change.

Sebuah keputusan besar yang gak mudah untuk lanjut studi. Yes! I am warning you, now! Ini bukan soal hebat-hebatan tapi tentang sebuah komitmen besar. Jadi ke-recall lagi pesan papa waktu sebelum pilih kuliah undergraduate. "Kalau udah pilih dan mulai, ya harus diselesain kak!" yang jadi pegangan saat ini untuk terus berusaha dan jangan pernah meragukan diri sendiri. Sebuah pekerjaan rumah yang besar yang masih akan terus menjadi pekerjaan rumah di tahun ini adalah menghilangkan segala ketakutan dan ketidakpercayaan diri, karena toh buktinya lo mampu dan semua orang melihat lo mampu. Gak perlu pikir apa yang akan terjadi kedepannya terlalu dalam, jalani saja sebaik mungkin.

So, this is me as UAL MANE student! 

Kalau bacain segala perjalanan yang berhasil gue captured di tulisan blog ini, masih gak akan percaya kalau gue sudah sampai sini, sampai di titik ini dan masih terus berjuang. Banyak hal yang akhirnya gue mengerti kenapa disuruh tunggu beberapa saat untuk memahami segala yang terjadi di dunia ini bukan hanya tentang diri ini seorang, tapi untuk menyadarkan bahwa apapun yang gue pilih kemudian ada tanggung jawab yang lebih besar lagi kedepannya.

.

2024

Tahun-tahun berikutnya pasti akan banyak tantangan baru, jadi selalu persiapkan diri ini sebaik-baiknya. Masih terus belajar dan akan terus banyak change di momen-momen berikutnya. Be ready!


with love,

from London

Comments

Popular Posts